Rusaknya Terumbu Karang di Pulau Air

Muhammad Dio

Pulau itu tidak luas, hanya 2,9 hektare. Sekilas tidak ada yang istimewa dibandingkan dengan pulau lainnya di gugusan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Rimbunan pohon dan semak-semak menutupi hampir seluruh permukaan tanahnya. Tak jauh dari bibir pantai tampak beberapa cottage semipermanen dan sebuah lapangan tenis.

Yang menarik, pulau itu tidak bisa dimasuki dari sembarang arah. Kapal harus masuk dari arah utara, melalui sebuah kanal yang membentuk semacam boulevard air dengan lebar 30-40 meter dan memanjang sejauh 300-an meter ke arah pantai. Selain gerbang itu, tak ada lagi pintu masuk. Sebab, laut ditutup oleh “pagar” permanen di bawah air yang mengelilingi pulau. Karena itu, air di bagian dalam pagar jadi tampak tenang, bak kolam renang alami.

Tapi bukan itu soalnya kalau Pulau Air Kecil–nama pulau yang dikuasai pengusaha Ponco Sutowo itu–menjadi sorotan masyarakat sampai pekan-pekan ini. Masalahnya, boulevard serta sebagian sisi pulau di sebelah selatan telah ditimbuni atau istilah lazimnya direklamasi pasir…

Lihat pos aslinya 918 kata lagi

Iklan

Tentang pulauseribujakarta.com

Pengelola situs harga promo diskon pulau seribu Jakarta Harga & Kapal (pulauseribujakarta.com). serta Voucher Hotel Indonesia harga murah (hikarivoucher.com)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s