Pariwisata Pulau Seribu Jakarta

Kawasan wisata pulau Seribu Jakarta termasuk sebuah kawasan wisata yang banyak diminati, bagaimana tidak, pulau Seribu merupakan satu-satu nya wisata laut dengan nuansa pulau resort yang dekat dengan Jakarta, wisata nuansa laut dengan resort pulau ini jarang ditemukan di kawasan wisata lain di Indonesia, apalagi lokasi resort pulau Seribu dekat dengan pusat bisnis, pusat kota megapolitan Jakarta, dimana jumlah penduduk yang melimpah yang selalu haus dengan liburan selalu memadati kawasan wisata resort pulau Seribu.

Potensi wisata Pulau Seribu

Kawasan wisata pulau Seribu mempunyai potensi yang cukup besar untuk menyumbangkan pemasukan wisata. dengan penggarapan yang terpadu dan baik akan dapat menekan biaya – biaya yang cukup besar terutama di biaya operasional baik untuk transportasi kapal maupun biaya operasional di pulau.

Transportasi kapal

Transportasi kapal yang terdapat dan melayani wisata pulau Seribu antara lain kapal dari dermaga pantai Marina Ancol, selain itu terdapat sejumlah dermaga lain seperti dermaga perumahan pantai Marina, dermaga sunda kelapa.

Biaya sandar kapal yang cukup tinggi di dermaga- dermaga elit untuk wisata di dan biaya operasional dan perawatan kapal yang cukup tinggi merupakan pemicu tingginya biaya transportasi kapal, sebagai contoh untuk bahan bakar kapal transportasi ke pulau seribu saat ini menggunakan bahan bakar pertamax (non subsidi) dengan harga yang lebih tinggi dari harga normal, dengan konsumsi bahan bakar yang tinggi per unit mesinnya (standard 1 mesin uk 200 PK menghabiskan ± 60 liter / jam) dan umumnya kapal penumpang menggunakan 3 unit mesin, biaya konsumsi bahan bakar nya dapat Anda hitung sendiri (= 60 liter x 3 = 180 liter / jam, biaya belum termasuk biaya olie tambahan yang dicampur pada mesin.

Selain biaya bahan bakar yang cukup tinggi untuk mengoperasikan kapal, biaya sandar kapal, biaya macam macam pungutan sebelum berlayar maupun kapal akan bersandar atau sering disebut uang dahel membuat transportasi kapal bukan nya bisnis yang banyak ditoleh oleh para pebisnis.

Kondisi transportasi kapal untuk kepulau Seribu saat ini banyak dimiliki oleh pihak resort, setiap resort memiliki armada sendiri – sendiri untuk mengangkut penumpang / tamu yang akan berlibur di pulau / resort.  dan kondisi terbaru saat ini di dermaga Marina Ancol sudah dioperasikan beberapa kapal yang digunakan sebagai kapal shuttle boat, kapal shuttle boat ini milik swasta yang akan mengantarkan para tamu, penduduk atau pekerja yang berhubungan dengan pulau Seribu dengan cara seperti bus, kapal shuttle akan singgah dari satu pulau kepulau lainnya. Kapal shuttle dipulau Seribu merupakan salah satu ide yang bagus untuk dikembangkan guna untuk menekan biaya transportasi yang cukup besar.

Biaya Operasional di Resort.

Semua resort di pulau seribu yang digunakan untuk wisata saat ini masih menggunakan tenaga genset untuk menghidupkan seluruh aktivitas listrik di pulau,  Listrik dari genset ini digunakan di alirkan ke cottage cottage untuk menghidupak AC, kulkas, lampu, TV dan lain sebagainya, sedangkan lampu penerangan sekitar pulau, dermaga dan peralatan masak seperti kulkas untuk penyimpan masakan harus selalu digunakan.  dapat Anda bayangkan betapa tinggi pemakaian genset untuk aktivitas di pulau, sedangkan bahan bakar genset yang digunakan merupakan jenis solar yang diperoleh dengan harga industri.

Kedua point biaya tersebut merupakan kendala terbesar untuk Pariwisata Pulau Seribu Jakarta saat ini, dengan biaya yang demikian tinggi maka tak heran jika harga paket wisata pulau Seribu juga akan tinggi dan satu saat mungkin untuk kepulau Seribu akan sangat mahal dan wisatawan akan berpikir ulang untuk ke pulau Seribu.

Semoga hal-hal diatas dapat menjadi perhatian semua pihak yang berwenang untuk memajukan Pariwisata Pulau Seribu Jakarta

Iklan

Tentang pulauseribujakarta.com

Pengelola situs harga promo diskon pulau seribu Jakarta Harga & Kapal (pulauseribujakarta.com). serta Voucher Hotel Indonesia harga murah (hikarivoucher.com)
Pos ini dipublikasikan di pulau seribu dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pariwisata Pulau Seribu Jakarta

  1. Ping balik: Satu saat Pulau Seribu harus menggunakan kapal seperti ini « Pulau Seribu Jakarta

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s